Cari di Sini

Selasa, 01 Maret 2011

Rimpang Pengerat Penyakit Maut


Yang dikhawatiran Wanda Lisa Elisa akhirnya terjadi. Benjolan di payudara kiri-setelah dipindai-menunjukkan Lisa mengidap kanker payudara stadium 2B berukuran 3 cm x 3 cm.

Dokter menyarankan Lisa untuk menjalani kemoterapi dan pengangkatan payudara. Tujuannya agar sel kanker tidak mengalami metastasis atau menyebar ke organ lain. Namun, Lisa menolak. “Pasti ada cara lain untuk menghilangkannya,” kata perempuan kelahiran Jakarta 2 Januari 1957 itu.

Lisa memilih pengobatan herbal dengan mendatangi Yelia Mangan, herbalis di Kalibata, Jakarta Selatan. Yelia menyarankan Lisa untuk menghindari konsumsi daging dan semua turunannya, susu, serta telur. “Protein hewani mempercepat pertumbuhan sel kanker,” kata Yelia. Selain itu, Lisa mengkonsumsi ekstrak keladitikus 3 kapsul 3 kali sehari. Setelah 3 tahun mengkonsumsi ekstrak keladitikus, sel kanker di payudaranya mengecil sebagaimana hasil pemindaian ultrasonografi.

Sembuh
Sel kanker payudara Lisa kemungkinan bias sembuh. Sebab, “Keladitikus terbukti bersifat sitotoksin terhadap sel kanker payudara,” kata Lucie Widowati, periset di Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Departemen Kesehatan.
Lucie meneliti efektivitas keladitkus menghambat sel kanker payudara, MCF-7. Mula-mula ia mengekstrak umbi keladitikus segar dengan etanol 50%. Sebanyak 20 mg hasil ekstraksi itu ia larutkan dalam 1 ml dimetil sulfoksida (DMSO).

Tahap berikutnya ia mengencerkan sel kanker payudara MCF-7 yang telah dikultur dengan media penumbuh berbentuk seperti agar-agar. Media itulah yang ia masukkan ke dalam well atau cawan petri berlubang-lubang sebanyak 100 ug. Lucie menambahkan ekstrak keladitikus ke well masing-masing berkonsentrasi 50 ug, 75 ug, 100 ug, 125 ug, dan 150 ug.

Alumnus Farmasi Institut Teknologi Bandung itu menginkubasi media itu selama 24 jam pada suhu 37 derajat Celsius. Kesimpulannya, nilai IC50 ekstrak umbi keladitikus 89,15 ug/ul. IC50 merupakan konsentrasi penghambat 50% proliferasi sel kanker payudara. IC50 obat kanker cisplatin 7,84 ug/ul. “Kalau senyawa aktif keladitikus diekstrak, efek penghambatan mungkin sama dengan cisplatin,” ujar Lucie.
(Majalah Trubus, Juni 2009)

Untuk mendapatkan kapsul keladitikus, hubungi 081288851177.

Harga Rp 50.000 per botol isi 80 kapsul. Paket Hemat: Beli 10 Botol Hanya Rp 400.000. Hemat Rp 100.000. 

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERBARU www.herbaljawa.biz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar