Cari di Sini

Selasa, 01 Maret 2011

Olah Tepat Agar Berkhasiat


Gatal seketika menyerbap punggung tangan Rubiyantoro ketiak menyentuh ujung batang keladitikus yang bergetah. Rasa itu baru hilang 3 jam berselang. “Hati-hati mengolah keladitikus,” kata herbalis di Kelurahan Pekayon Jaya, Kotamadya Bekasi, Jawa Barat itu.

Pengalaman lain, seorang pasien merasakan gatal di mulut dan tenggorokan ketika meminum rebusan tanaman obat ini. Menurut Prof Dr Mustafa Apt MKes, periset di Departemen Farmakologi dan Toksikologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, gatal diduga muncul karena keladitikus mengandung senyawa aktif yang memicu produksi histamine dalam tubuh.

Histamine merupakan senyawa penyebab gatal, nyeri, dan alergi yang dilepas oleh system imun sebagai respon terhadap benda asing yang masuk ke tubuh. Walau demikian, gatal pada keladitikus mudah dihilangkan.

Rubiyanto menambahkan masu untuk mencegah rasa gatal. Ia mengucurkan sesendok madu pada perasan tanaman keladitikus, mengaduk rata, dan meminumnya sebelum makan. “Madu memang bersifat antihistamin,” kata Mustafa.

Senyawa antihistamin dalam madu menetralisir produksi histamine dalam tubuh sehingga efek gatal ketika mengkonsumsi keladitikus tak muncul. Sedangkan dr Sidi Aritjahja, dokter dan herbalis di Yogyakarta, menyarankan menambahkan 1,5 gram biji adas atau daun sembung. Keduanya juga berkaiat mencegah gatal.

Tumbuk
Rubiyanto menggunakan seluruh bagian tanaman keladitikus; rimpang, batang, dan daun. Untuk sekali konsumsi, butuh 3 tanaman utuh. Kelahiran Bandarlampung itu mencuci bersih keladitikus dengan air mengalir. Setelah itu seluruh bagian tanaman ditumbuk. Rubiyanto menghindari perebusan keladitikus karena cara itu menyebabkan gatal saat dikonsumsi. Ia menggunakan sarung tangan saat menumbuk.

Alat dan wadah tumbuh berbahan nonlogam seperti keramik atau gerabah tanah liat. Ketika seluruh bagian tanaman lumat, Rubiyantoro menambahkan 1 sendok makan air matang. Adonan itu diaduk rata lalu diperas dengan kain bersih.

Dari 3 tanaman itu diperoleh rata-rata 1,5 sendok makan perasan keladitikus. Air perasan itu siap dikonsumsi setelah ditambah setengah sendok madu. Dengan cara itu keladitikus bebas gatal di tenggorokan.

Idealnya perasan keladitikus diminum saat itu juga. Berselang 10-12 jam setelah pengolahan, muncul aroma tak sedap sehingga tidak layak minum. Bagi yang tidak mau repot mengolah sendiri, di pasaran terdapat banyak merek ekstrak keladitikus. Missal dalam bentuk kapsul ekstrak keladitikus. Sebotol terdiri atas 50 kapsul keladitikus, harganya ada yang mencapai Rp75.000. konsumsinya 3 kapsul 3 kali sehari.
(Majalah Trubus, Juni 2009)

Untuk mendapatkan kapsul keladitikus, hubungi 081288851177

Harga Rp 50.000 per botol isi 80 kapsul. Paket Hemat: Beli 10 Botol Hanya Rp 400.000. 
Hemat Rp 100.000. 


ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERBARU www.herbaljawa.biz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar